APARAT TNI POLRI DAN KELOMPOK SIPIL BERSENJATA SEGERA HENTIKAN OPERASI YANG MENGORBANKAN WARGA SIPIL DI LANI JAYA PROVINSI PAPUA !



Saya (LAURENZUS KADEPA) sudah dengar persoalan Tiom Kab Lani Jaya yang hingga saat ini aparat gabungan sedang melakukan operasi yang menurut mereka adalah tugas. Saya tidak intervensi tugas pihak keamanan itu namun dilihat dari laporan dari lapangan dari berbagai sumber bahwa: rakyat sipil trauma dan ada warga sipil menjadi sasaran korban pemukulan aparat. Banyak foto korban adalah bukti. Dari dulu saya katakan kekerasan bukan solusi menyelesaikan masalah. TPN OPM maupun aparat keamanan ( TNI Polri) seharusnya menahan diri demi rakyat sipil korban. Rakyat kita ini jumlahnya sedikit. Mereka sudah muak dengan segalah bentuk kekerasan yg diakibatkan oleh perang apa saja. Perang antar suku atau perang dalam satu suku karna suatu kepentingan segelintir orang dalam pemilu/ pilkada. Tindakan yang di ambil oleh pihak TNI ini dari informasi mereka memukul warga, memukul seorang pelajar yg dari ujung lapangan terbang hendak pulang dan juga menembak ternak warga di Pirime dan dari kejadian itu sampai saat ini pemerintah daerah baik bupati dn DPRD belum ada yang sikapi. Hal ini yang disayangkan. Salah apa dengan pelajar, warga sipil. Saya minta Pemda Lani Jaya harus sikapi ini. Saya juga meminta Polda dan Pangdam hentikan operasi ini. Kalau operasi yg menyakiti rakyat sipil harus dihentikan.

LAURENZUS KADEPA, Anggota Komisi I DPR Papua

Comments

Popular Posts