Mangia Membahas Deskripsi NGGOLALUOK

Semua orang yang tinggal di Wamena selalu mengatakan betapa mereka mencintai kota kecil itu. Betapa kota itu selalu teringat dalam kalbu saat mereka meninggalkannya. Betapa kota itu menciptakan berjuta kenangan indah yang tak akan terlupakan hingga akhir hayat. Betapa kota itu telah berakar, hidup dan tinggal selamanya di hati mereka. Betapa mereka akan selalu merindukan tiap jengkal tanahnya. Terlalu berlebihan? Rasanya tidak. Karena hal itu jugalah yang saya rasakan hingga saat ini.

Kali ini saya akan ceritakan sedikit dekripsi mengenai latar belakan mengapa saya harus menguanakan nama nggolaluok

Deskripsi adalah kata dalam bahasa  dari salah satu sukau yang mendiami  buni sendrawasih,  daerah bagian dari 7 suku di bumi ini yantu: suku lapoago dan di lam suku besar ini memiliki suku kecil yaitu dalam bahasa walak yang memliki arti tenteng ajakan sesamma suku untuk melapaskan diri atau yang paling khas adalah mati melapaskan diri  untuk menang kata nggolaluak  sendiri di ambil dari salah satu kepalah suku yang mendiami suku walak yang mendiami bagian lembah atau dalam bahasa walak sering di sebut  walak mabarlima, nama lengkap kepalah suku ini adalah NGGOLALUAK WANDIKBO.

Yes, Wamena memang sangat indah dan menawan. dari sisi budaya dan masyarakanya. ini yang mungkin sedikit yang saya ketahui tetang cerita kecil ini, terimakasih banyak.  

Comments

Popular Posts